Latto-latto Permainan Segala Usia yang Viral di TikTok

Latto-latto Permainan Segala Usia yang Viral di TikTok 


Nulisbersama.my.id - Dunia per Tik Tok kan sedang viral dengan permainan yang satu ini. Tua muda baik anak - anak maupun remaja seperti tengah berlomba menampilkan kebolehan mereka bermain Latto latto.

Apa itu latto-latto? Permainan yang sedang ramai dimainkan oleh anak-anak sampai orang tua, dari rakyat jelata sampai pejabat ini memang tengah viral dari semenjak tahun 2022.

Latto-latto

Masyarakat dari berbagai daerah seperti demam masal akibat permainan Latto latto ini. Fenomena permainan ini banyak ditemui di Lorong-lorong komplek, sudut-sudut kota, ataupun di pedesaan  dan tak memandang usia.

Mulai dari anak-anak sampai orangtua antusias untuk membeli permainan latto-latto.

Lantas seperti apa sih sebenarnya permainan latto-latto yang sedang viral ini? Yuk baca ulasan lengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Latto-latto?

Jika kalian belum pernah melihat bentuk permainan ini, berikut ini adalah gambarannya. Sebenarnya permainan ini cukup simple yaitu berbentuk dua bola yang dikaitkan dengan seutas tali.

Cara mempermainkannya adalah dengan menggunakan sebelah tangan yang ditarik-tarik ke atas sehingga benturan kedua bola itu  menghasilkan bunyi ‘tak tok tak tok tak tok’.

Bunyi ketukan yang senada inilah yang membuat si pemainnya semakin bersemangat mempermainkan permainan dua bola yang berbenturan antara satu dengan yang lainnya ini.

Walau sudah banyak judul berita viral seperti "Bocah kepalanya benjol akibat bermain Latto-latto" Namun tak sedikit juga anak-anak yang sudah sangat lincah bermain permainan ini.


Permainan Latto - latto berasal dari daerah mana?

Setiap daerah memiliki nama yang berbeda untuk memberi nama permainan ini, seperti di Sulawesi, masyarakat disana menamainya dengan katto-katto.

Permain Latto latto sendiri mirip dengan mainan yang berasal dari Amerika Serikat dengan nama Click Clacks atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Clackers Balls Toy.

Bentuk dari permainan Click Clacks dengan latto-latto ini sangat mirip dan yang membedakan kedua permainan ini hanyalah dari bahannya saja, jika di Amerika Serikat permainan ini menggunakan bahan tali yang cukup tebal, maka di Indonesia menggunakan tali yang sedikit tipis saja.

Mungkin tidak banyak yang tahu, jika mainan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960.

Untuk cara bermainnya ralatif sama, yakni dengan cara menggerak-gerakkan tangan ke atas sampai akhirnya dua bola saling berketukan dan menghasilkan bunyi.

Walau permainan ini sudah cukup lama dikenal oleh Amerika Serikat pada umumnya tapi permainan Clackers ini ditarik dari peredaran di pasar Amerika Serikat dan Kanada karena ada laporan terdapat anak-anak terluka saat bermain mainan tersebut.

Awalnya permainan ini lumayan berat dengan bahan yang terbuat dari plastic akrilik keras dan bisa bergerak cepat, namun akibatnya membuat bola terkadang pecah saat saling berbenturan sehingga Calckers ini kembali didesain ulang di tahun 1990-an dengan menggunakan bahan plastic modern yang tidak akan pecah saat dibenturkan.

Sebelum permainan Latto latto ini viral di Tik Tok seperti saat ini sebenarnya pada tahun 2017 yang lalu mainan ini telah dihidupkan kembali di Mesir dengan cara dijadikan permainan anak-anak di sekolah - sekolah yang ada disana.

Permainan Latto lato ini sendiri bisa didapatkan dengan mudah karena rata - rata banyak dijual oleh pedagang kaki lima, di platform penjualan online sendiri permainan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribuan.

Permainan ini semakin viral akibat banyak selebgram yang merespon fenomena permainan viral ini dengan membuat konten video di akun TikTok mereka.


Itulah penjelasan mengenai apa itu permainan Latto-latto yang sedang viral.

 

 Kembali

Halaman
1

Web Hosting