Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Nulisbersama.My.Id – Halo Ayah dan Bunda, semoga semuanya dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja ya.., zaman memang telah berkembang, tapi di dalam dunia pendidikan (sekolah)  jika tidak masuk atau tidak mendapat mengikuti pelajaran di sekolah dikarenakan alasan tertentu, maka sudah seharusnya membuat surat izin tidak masuk sekolah.

Seperti yang nulisbersama.My.Identification lansir dari internet site KBBI, surat izin adalah surat yang berisi keterangan bahwa pemegang surat itu diberi izin melakukkan sesuatu. Biasanya, seseorang izin tidak masuk karena ada suatu keperluan yang tidak bisa dihindarkan, seperti sakit, keperluan keluarga, dan lain sebagainya.

Dalam membuat surat izin sekolah juga harus sesuai dengan kebenaran serta bertanggung jawab atas apa yang sudah ditulis.

Sebagai orangtua tentu saja untuk membuatnya pun kita harus sesuai dengan kebenaran dan sanggup bertanggung jawab atas apa yang telah dituliskan. Pada umumnya, surat izin dapat dibuat dengan tulisan tangan ataupun diketik.

 

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Dalam membuat surat izin sekolah ada beberap unsur yang harus dipersiapkan, berikut ini adalah beberapa unsur yang sebaiknya Ayah dan Bunda persiapkan juga diperhatikan saat akan membuat surat izin sekolah.

1. Tujuan Pengiriman Surat

Dalam membuat surat izin sekolah ini harus jelas tujuan pengirimannya. Maksudnya adalah di mana surat ini harus ada informasi kepada siapa surat itu ditujukan, apakah ditujukan kepada kepala sekolah ataupun guru wali kelas anak kita.

2. Alasan Izin

Setelah membuat tujuan pengiriman, hal selanjutnya yang harus ada di dalam surat izin sekolah ini adalah alasan izin kenapa tidak masuk sekolah. Sebab berdasarkan unsur - unsur ini yang akan menentukan apakah anak kita akan diterima alasannya atau tidak. Jadi Ayah dan Bunda harus menuliskan alasan yang benar-benar logis.

Walau surat izin sekolah biasa ditulis juga dibuat oleh pribadi. Namun, surat izin bisa dikatakan surat resmi. Jadi, dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kalian ketahui dalam membuat surat izin.


Unsur-Unsur Surat Izin Sekolah

Dalam surat izin ini adalah surat resmi, jadi harus menggunakan unsur sistematis untuk membuat surat resmi ketika memberikan izin untuk sekolah tersebut.

Berikut merupakan unsur-unsur yang perlu kita perhatikan ketika akan memberikan izin kepada pihak sekolah:

1. Tanggal dan Alamat Tujuan
 

Pekanbaru, 18 Oktober 2022


2. Nama Tujuan

 

Kepada

 

Yth. Bapak/Ibu Guru (Wali Kelas) SD …

Three. Salam Pembuka

 

Dengan Hormat,

 

Saya adalah orang tua dari murid yang bernama:

4. Biodata Pengirim Yang Izin

 

Nama: Budianto

 

Kelas: Kelas 2 B, SD Bakti Utama Pekanbaru

 

Alamat: Jln. Bakti, No. 07, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau

5. Isi Surat


Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat hadir seperti biasanya untuk belajar di sekolah pada hari ini karena adanya kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan di luar kota. Kemudian saya sebagai orang tua, meminta kepada Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak kami.

6. Kalimat Penutup

 

Demikian surat yang dapat kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru, kami ucapkan terima kasih.

7. Nama pengirim

 

Hormat Kami,

 

Reviona

 

 

Itulah contoh dan poin penting yang perlu diperhatikan saat membuat surat izin tidak masuk sekolah. Nah, karena surat keterangan izin berhalangan hadir di sekolah ini bersifat tidak resmi, maka bisa dibuat secara tertulis. Selamat mencoba ya Ayah dan Bunda.


Bahan Bacaan : 1,

 Kembali

Halaman
1

Web Hosting