Cara Setting Balas Email Secara Otomatis

Cara Setting Balas Email Secara Otomatis

Cara Setting Balas Email Secara Otomatis

Halo Sobat Nulis Bersama, semoga semua sedang dalam keadaan yang baik-baik saja ya.., kali ini nulisbersama.my.id akan berbagi informasi tentang cara setting balas email secara otomatis. Tidak bisa dipungkiri bahwa peranan email atau surat elektronik itu saat ini memang sangat penting. Email atau surat elektronik itu saat ini sudah sangat sering dipergunakan mulai dari urusan pekerjaan sampai hanya untuk menyapa teman lama.

Berbicara tentang email atau surat elektronik itu nulisbersama.my.id akan membaginya menjadi dua topik pembahasan, yang pertama adalah yang dimiliki oleh penyedia layanan email dari google, yakni gmail dan penyedia layanan email khusus perusahaan.

Pembahasan pertama kita mulai dari gmail, salah satu aplikasi surat elektronik milik google yang seperti sudah sama-sama kita ketahui memliki banyak sekali kelebihan dan beberapa fitur yang bisa kita pergunakan antara lain adalah seperti  fitur untuk mengembalikan Email yang sudah dikirim  serta mengetahui apakah Email yang diKirim itu sudah dibaca atau belum oleh si penerima email.

Selain kedua fitur di atas, mungkin jarang sekali yang mengetahui bahwa pada aplikasi surat elektronik milik google ini juga masih memiliki fitur lain yang bisa dipergunakan oleh penggunanya, yaitu auto respond atau auto reply gmail.

Fitur auto respond atau auto reply gmail ini adalah fitur yang berfungsi untuk membalas email secara otomatis ketika ada email yang masuk. Fitur ini akan sangat membantu penggunanya ketika si pengguna nya sedang dalam kondisi seperti sedang berlibur hingga tidak bisa membalas email yang masuk dan lain sebagainya. Jadi dengan mengaktifkan fitur ini maka si pengguna surat eletronik tersebut bisa membalas email dari si pengirim secara otomatis, selain itu layanan fitur membalas email secara otomatis juga dapat membuat email perusahaan dan lainnya terlihat lebih professional.

Oke mari kita langsung saja mengaplikasikan  cara setting balas email secara otomatis ya. Silahkah ikuti panduan singkat yang nulisbersama.my.id kutip dari situs domainesia di bawah ini.

 

Cara Membuat Auto Reply pada Gmail

  • Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah masuk ke dalam aku  gmail milik Sobat terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan Sobat klik bagian setting atau setelan
  • Selanjutnya adalah mengaktifkan fitur penjawab kata libur atau vacation responder on
  • Sobat tinggal memasukan pesan apa yang ingin Sobat masukan dan inging disampaikan kepada penerima pesan balasan secara otomatis ini dan seting dimana ini akan diaktifkan dan dinonaktifkan
  • Jika sudah, maka yang terakhir adalah dengan klik save.

 

Itulah cara menyeting Auto Reply di Gmail dan fitur auto reply ini pun akan aktif sesuai tanggal yang sudah Sobat atur. Berikutnya kita akan membahas cara mengaktifkan fitur membalas Email Otomatis (Autoresponder) via cPanel, ini adalah email khusus yang biasanya dipergunakan oleh pengguna website ataupun perusahaan.

 

Cara Membuat Auto Reply pada Email Khusus

Mengakifkan fitur Autoreply atau dalam bahasa lainnya adalah membalas email secara otomatis atau bisa juga disebut dengan Autoresponder bisa jadi akan menjadi sangat sangatlah bermanfaat bagi perusahaan atau orang yang benar-benar sibuk sehingga tidak sempat untuk mengecek email. Dengan memanfaatkan fitur yang ada ini maka pengguna tidak perlu lagi mengirimkan email satu-persatu atau secara manual apalagi jika harus membalas email dengan konten yang sama.

Karena pembahasan kita yang selanjutnya adalah cara mengaktifkan fitur Autoreply pada email khusus, maka untuk mengetahui cara dan fungsi dari email khusu ini maka Sobat perlu membuat email dengan domain terlebih dahulu. Jika belum memiliki email khusus untuk perusahaan atau nama Sobat sendiri? Sobat bisa mencoba layanan jasa pembuat website ini.

Jika Sobat sudah memiliki email khsus yang berasal dari domain yang Sobat miliki, maka silahkan ikuti langkah- langkah berikut ini.

  1. Pertama yang harus Sobat lakukan adalah login cPanel Hosting. Biasanya setelah Sobat membeli layanan Hosting maka oleh penyedia domain akan segala informasi mengenai account hosting. Email tersebut berisi detail akun hosting seperti detail login cPanel, informasi server, FTP, setting email dan sebagainya. 
  2. Hal kedua adalah memilih autoresponders. Selanjutnya silahkan Sobat ketik autoresponder” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Autoresponders dan klik menu tersebut. 
  3. Selanjutnya adalah Klik Add Autoresponders, setelah menunggu sesaat sobat akan di alihkan ke Autoresponders, pada kolom Managing, silahkan Sobat pilih domain yang diinginkan. Lalu klik Add Autoresponder. Add Autoresponder ini berfungsi untuk menambah konfigurasi Autoresponder. 
  4. Membalas Email Otomatis. Selanjutnya silahkan tulis nama email dari domain, pengirim email, judul email serta isi email yang akan dikirimkan. Pada kolom Interval silakan tulis rentang waktu untuk mengirimkan pesan balasan secara otomatis. Selanjutnya, tulis nama email dari domain, pengirim email, judul email serta isi email yang akan dikirimkan. Pada kolom Start silakan klik Immediatey dan pada kolom Stop klik Never. Setelah selesai semua jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik Create. 
  5. Email Otomatis Berhasil. Tunggu sebentar maka akan ada tulisan “The autoresponder nama email was successfully created”. Itu berarti email otomatis sudah berhasil dibuat. Nah, lalu bagaimana kronologi emailnya? Jadi, ketika ada seseorang/ client yang mengirim email ke nama email (yang ditambahkan di Add Autoresponder) misalnya admin@diwa1919.com, maka secara otomatis email (yang dibuat tadi) akan terkirim ke client (pengirim) yang sama.

 

Tanpa terasa kita sudah sampai di bagian paling akhir pembahasan artikel Cara membalas email otomatis. Tidak terlalu sulit cara mengaplikasikannya bukan? Nah sekarang Sobat sudah bisa santai dan tidak perlu cepat-cepat membalas email ketika ada email yang masuk, sebab semuanya sudah ditangani oleh fitur Autoresponder. Semoga ulasan singgat ini bermanfaat. Salam.

 

Bahan bacaan : 1, 2

 

 Kembali

Halaman
1

Web Hosting