Puding Srikaya Lumer di Mulut

 

Puding Srikaya Lumer di Mulut
Puding Srikaya Lumer di Mulut_adsn1919

Puding Srikaya Lumer di Mulut

Sebelum event "Kue Sederhana Widz" usai, meski aku telah membuat satu kue, yaitu kue yang berbahan dasar Oreo, aku masih penasaran dengan puding Srikaya Gula Merah yang sering dibuat oleh kakakku tersayang. 

Setiap berbuka  puasa selain es kelapa muda, keluarga besar di Depok sering membuat Puding Srikaya Gula Merah. 

Aku sering memakannya, rasanya manis dan lumer di mulut, sehingga tak usah capek-capek ngunyah dan anti seret. 


Penasaran? 


Coba saja buat, nanti aku kasih resepnya, teman-teman bisa modifikasinya juga dengan bahan yang lain jika suka.

Berhubung selama ini aku tidak pernah membuat sendiri dan selama ini hanya tinggal lep saja, maka ketika blog Secangkirkopibersama.com mengadakan Event untuk memeriahkan ulang tahun mba Widz yang ke sekian, (rahasia, tapi aku tau hehehehe), tiba-tiba aku ingat puding yang sering kumakan ketika sedang berada di Depok.


Bahan untuk membuat Puding Srikaya

Jadi karena sudah lama tidak makan puding Srikaya, ketika minta resep ke kakak, aku sampai lupa nama puding itu, kakak sampai menebak-nebak, puding apa yang kumaksud dengan hanya tiga bahan saja itu, setelah kusebutkan bahwa puding itu terbuat dari telur, gula merah dan santan. Akhirnya kakak paham dengan puding yang kumaksud itu.

Akhirnya, walau sedikit rewel, kakak tercinta mulai memberi instruksi, tentang langkah-langkah apa saja yang harus kupersiapkan untuk membuat puding ini. Hehehe.. 

Dengan semangat membara aku buka kulkas, untuk mengecek bahan yang ada, aku lihat di dalam kulkas hanya ada gula merah dan telur. Satu bahan lagi tidak ada, yaitu santan. Setelah berpikir lama, ahhhha aku lihat susu cair tawar, tring...tring...ide muncul, aku ganti santan dengan susu cair tawar. Ahayyyy ide selalu muncul di saat kepepet hehehe. 

Jadilah dapur yang jarang aku jamah, sore itu aku mengakrabkan diri dengan dapur, yang biasa hanya dikunjungi setiap pagi hari. 

Oh iya teman-teman, berdasarkan instruksi  dari  kakakku, yang telah ku modifikasi tadi, hal pertama yang harus disiapkan bahannya adalah:

✓ 800 ml susu cair  (santan aku ganti dengan susu cair)

✓ 4 butir telur 

✓ 4 buah gula merah diiris halus, bisa ditambah gula putih sesuai selera.

Bahan puding Srikaya Lumer di Mulut

Cara Membuat Puding Srikaya

Semua bahan tadi disatukan ke dalam satu wadah, dikocok biar merata, aku pakai garpu mengocoknya biar telur tidak terlalu mengembang. 

Puding Srikaya Lumer di Mulut

Setelah tercampur rata, ada baiknya disaring terlebih dahulu adonan tadi, biar gumpalan gula merah dan telur bisa tersaring. 

Puding Srikaya Lumer di Mulut

Bisa juga diatasnya pakai irisan daun pandan supaya wangi. Tapi.....berhubung di kulkas tidak ada daun pandan terpaksa untuk kali ini aku tidak memakai daun pandan. Ga mungkin juga daun pandan aku ganti dengan daun bawang, apa kata dunia nanti, hehehe..

Puding Srikaya Lumer di Mulut

Setelah disaring, adonan tadi dimasukkan ke dalam cetakan tahan panas. 

Jangan lupa wajan untuk mengukus disiapkan terlebih dahulu dan tutup wajan dilapisi dengan serbet yang bersih. 

Setelah wajan panas, masukan cetakan yang telah diisi adonan dan kukus selama 15 menit. 


Eng Ing eng setelah menghabiskan satu mangkok mie rebus, akhirnya Puding Srikaya Gula Merah campur susu matang juga. 

Dengan hati-hati aku keluarkan Puding Srikaya dalam wajan, aku dinginkan,  kemudian kumasukan ke dalam kulkas. 

Penyuka camilan ini tentu paham bahwa Puding Srikaya  Gula Merah  yang enak itu pasti aroma dan cita rasanya mampu menggoyang lidah, dan ketika dimakan dalam keadaan dingin, hemm... dijamin terasa lumer di mulut.

Puding Srikaya Lumer di Mulut


Ketika dengan bangga aku perlihatkan hasilnya ke kakak, eh dia bilang kenapa ga pake irisan daun pandan biar cantik, hadeuh udah dibilang ga ada di kulkas hehehe. Yang penting rasanya enak, ga percaya? Coba saja buat sendiri nanti berdasarkan panduan resep ditempat ini.


Semoga artikel kuliner ini tidak ada lagi yang wapri bilang aneh, hehehe lagi. 

Kembali ke topik pembahasan kita di artikel ini. Sebagian orang memang ada yang beranggapan bahwa Puding Srikaya itu berasal dari buah Srikaya, padahal sebenarnya tidak ada hubungannya dengan buah tersebut. Pertama kali aku makan puding Srikaya, aku juga punya pikiran bahwa puding ini terbuat dari buah Srikaya, padahal ga ada sama sekali, entah siapa yang awal mula menamakan Srikaya. 

Setelah membuat Puding Srikaya Gula Merah versi kakakku, penasaran aku buka YouTube dan ternyata banyak resep terpampang di sana, ada yang Bahannya pakai terigu, ketan. Cara memasaknya juga ada yang di rebus terlebih dahulu baru di kukus. Sekarang tinggal dikembalikan sesuai selera karena aku orangnya tidak mau ribet. 


Semoga resep sederhana ini bermanfaat dan teman-teman tidak ragu untuk mencobanya.

Resep ini juga bisa dikolaborasikan sesuai selera, bisa juga dibuat pakai kelapa muda, kismis, irisan kolang kaling atau bubuk kayu manis. Untuk yang aku buat ini adalah rasa original, jadi tidak dicampur bahan apapun selain tiga bahan tadi. 

Untuk mba Widz sang Ratu Event, selamat ulang tahun ya.. Semoga panjang umur dan diberikan limpahan rezeki. Aamiin. 


Adsn1919



 
 

 Kembali

Halaman
1

Web Hosting