Hati-hati dengan Ular

 
Hati-hati dengan Ular
Hasil tangkap layar untuk gambar ular

Hati-hati dengan Ular

Kita menjadi waspada bila sudah terjadi, biasanya kita lengah bahkan memandang enteng suatu permasalahan. Bila sudah merenggut nyawa kita berpikir lain seperti tamparan bagi kita, memikirkan yang sebelumnya tidak pernah kita pikirkan. 

Belum lama saya sangat kaget dengan berita rekan saya di sekolah yang lama, meninggal karena di patuk ular. Luka bekas gigitan sangat parah sampai kulitnya berwarna ungu gelap. Gimana saya tidak syok karena rekan saya itu dalam keadaan sehat, ketika malam takbiran dia mengantar lontong pesanan saya dan masih japri memberitahu mau ke rumah. Sayang sekali saya tidak menemuinya karena sedang di toilet. Malam Selasa saya mendapat kabar rekan saya itu meninggal. 

Karena kejadian rekan saya itu meninggal karena digigit ular, saya jadi penasaran tentang kehidupan ular. 

Yuk kita simak tulisan saya tentang ular agar kita waspada. 

Pengertian Ular

Menurut Wikipedia, ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki bertubuh panjang dan tersebar di seluruh dunia. secara ilmiah, semua ular dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo squamata sama dengan kadal. 

Ciri-ciri Ular 

Ciri-ciri utama ular adalah bertubuh panjang dan tidak berkaki. Dan ular juga tidak memiliki indera pendengaran, karena ular tidak memiliki telinga di bagian luar telinga ular ada dibagian dalam kulit yang mampu mendengar gelombang suara. 

Jenis ular yang biasa masuk ke rumah 

Ternyata ada beberapa ular yang perlu kita waspadai karena sering menyelinap masuk ke rumah.

1. Ular hijau 

Ular hijau tinggal diantara tanaman bambu. Maka tidak heran ular ini sering ditemukan diantara pepohonan dan tidak jarang masuk ke rumah. Tubuh ular ini kecil dan gerakannya tidak secepat ular lain.

2. Ular Welang

Secara umum ular Welang memiliki panjang 2,5 meter dan tubuhnya belang-belang berwarna mencolok seperti kuning hitam atau kuning putih, bentuk kepala ular ini lebar dan gepeng. Ular Welang aktif berburu di malam hari sedang kalau siang hari lebih banyak berdiam diri di tumpukan kayu, saluran air. 

3. Ular Weling

Ular Weling salah satu ular yang sering masuk ke rumah dan salah satu ular yang paling berbahaya dan mematikan daripada ular kobra. Ular Weling banyak ditemukan di daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan.  Rekan saya ada indikasi digigit oleh ular Weling.

4.  Ular Tanah

Ular tanah ini tidak besar, cenderung gemuk dan pendek. Biasanya kepala ular ini berbentuk segitiga dengan moncong runcing  dan berwarna coklat gelap. Warna ular tanah sering menyerupai tanah atau sampah, sehingga keberadaannya jarang kita ketahui. 

5.  Ular Pucuk 

Ular Pucuk hampir sama dengan ular Welang yang panjang bisa mencapai 2.5 meter. Tepian sisik ular Pucuk biasanya berwarna hitam, putih atau biru pucat. Biasanya ular ini hidup di semak-semak dan pekarangan rumah. 

Apa yang dilakukan bila ular ada di rumah?

1. Diusahakan jangan panik 

2. Hubungi pemadam kebakaran

3. Pantau ular itu kemana perginya untuk mengetahui sarang ular dan memudahkan pemadam kebakaran menangkap ular yang masuk ke rumah.

Cara Mengusir Ular

1. Dengan pembersih lantai

2. Semprotkan minyak kayu manis dan minyak cengkeh ke sudut rumah 

3. Tabur bubuk belerang di luar rumah 

4. Menaburkan cabai di sekeliling rumah

5. Menabur irisan bawang merah dan bawang putih di sekitar rumah karena ular tidak menyukai asam sulfonat yang dihasilkan bawang.

6. Hilangkan sumber makanan yang ada di rumah karena ular pemangsa binatang pengerat, katak, burung dan ikan.

7. Buang barang-barang yang tidak dipakai karena ular menyukai tempat yang gelap dan lembab.

8. Meletakkan kamper di sudut rumah 

Saya membayangkan rekan saya saat digigit ular, rekan saya itu sedang tidur ketika digigit ular, kalau kita sedang tidur nyenyak antara mimpi dan nyata itu tipis. Bisa jadi rekan saya itu langsung tidur lagi, antara sadar dan tidak sadar dia digigit ular. Saya hanya bisa menduga-duga karena waktu ditemukan posisi rekan saya itu tidur dengan kaki agak nekuk, kalau dia menyadari digigit ular bisa jadi rekan saya itu akan lari keluar dan minta pertolongan. Tapi umur rahasia Allah SWT. 

Apa yang harus kita lakukan bila digigit ular?

1. Kita menjauh  dari ular 

2. Harus tetap tenang

3. Meminimalisir gerakan 

4. Menjaga area gigitan tetap dibawah jantung 

5. Melepaskan benda yang berada di area gigitan

6. Menutupi gigitan ular dengan perban atau kain bersih 

7. Jangan sentuh area gigitan ular 

8. Bila korban gigitan ular pingsan dan ketika siuman jangan langsung di beri minum atau makanan karena bisa tersedak

9. Bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit  terdekat 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk sahabat-sahabatku dan kita dijauhi dari marabahaya.


Catatan: tulisan ini diambil dari beberapa sumber seperti, https://www.klikdokter.com, https://id.m.wikipedia.org


 

 Kembali

Halaman
1

Web Hosting